TERNYATA RAYAP ITU BUTA DAN TULI

ANTI RAYAP ARGON PEST CONTROL

TERNYATA RAYAP ITU BUTA DAN TULI
Hewan yang satu ini memang cukup unik. Ya, jika ada mahluk hidup yang tuli, bisu, dan buta tapi bisa membangun sarang dengan begitu megah jawabnya hanya satu: rayap! Rayap masih berkerabat dekat dengan semut, sehingga disebut juga semut putih. Secara fisik, bentuk tubuh rayap hampir mirip dengan semut. Hanya saja, tubuh rayap lebih lunak dan pinggangnya lebih besar.


 
Seperti halnya semut, rayap juga hidup dalam sebuah koloni yang dipimpin oleh ratu dan raja rayap. Ratu dan raja ini berukuran sangat besar. Bahkan, ratu rayap memiliki ukuran lebih besar, yaitu 11 cm dibanding raja rayap yang hanya berukuran 2 cm saja. Sedangkan, rayap prajurit yang bertugas untuk menjaga ratu hanya 1 cm panjangnya. Ukuran tubuh rayap memang terbilang kecil. Namun, sebuah koloni rayap bisa menghancurkan sebuah gedung, lho. Koloni ini bisa berjumlah hingga 10 juta rayap. Mereka harus hidup berkelompok karena jika terpisah ia tidak bisa bertahan hidup.

Rayap membuat sarangnya dari lumpur dan dibentuk berupa gundukan tanah yang tinggi dan besar—bahkan hingga mencapai tinggi 7 m, dengan banyak ruangan di dalamnya. Di dalam sarang, rayap membangun kebun jamur sebagai sumber makanan. Selain itu, sarangnya juga dilengkapi dengan cerobong khusus yang berfungsi sebagai ruang penyejuk udara.

Rayap paling senang menggerogoti kayu sampai keropos dan hanya menyisakan kulit kayunya saja. Oleh karena itu jangan heran jika ada beberapa bagian dalam rumah anda seperti kusen jendela atau pintu yang terbuat dari kayu yang terlihat bolong-bolong atau rapuh. Bisa jadi semua itu karena digerogoti oleh rayap.

Rayap juga ada yang bersayap, lho. Rayap bersayap ini biasa disebut laron atau anai-anai. Pada awal musim hujan, laron terbang berbondong-bondong keluar sarang mendekati cahaya.

kalau sudah dewasa laron menjadi ??.....LARON

Fakta Unik Tentang Laron
Siapa sih yang tidak tau laron? Kita semua pasti tahu laron. Serangga yang muncul di malam hari dan selalu mencari sumber cahaya untuk berkumpul. Setiap laron muncul, pasti dalam jumlah yang banyak. Tentunya kita pasti kerepotan dengan banyaknya laron tersebut.

1.  Laron adalah Rayap
Laron adalah rayap jantan dan betina yang sudah matang. Rayap akan memiliki sayap ketika dia telah memasuki usia matang untung melakukan reproduksi membentuk koloni baru.

2.  Laron Keluar pada awal Musim Penghujan
Rayap jantan dan betina yang sudah matang dan memiliki sayap akan keluar di awal musim penghujan. Sehingga kedatangan laron sering dianggap sebagai pertanda awal musim penghujan.

3.  Laron berkumpul untuk Mencari Pasangan
Pada awal musim penghujan, rayap yang telah dewasa (atau laron) akan keluar dari sarang dan mencari pasangannya dengan berkumpul di sekitar sumber cahaya.

4.  Laron Hanya Hidup Satu Malam
Sebenarnya laron atau juga rayap dewasa tidaklah hidup satu malam. Laron adalah rayap, dan tentunya dia telah hidup lama sebelum menjadi laron. Laron yang mati adalah laron yang tidak menemukan pasangannya akan mati saat fajar tiba. Sedangkan laron yang menemukan pasangannya akan membentuk koloni baru dan laron betina atau rayap betina akan menjadi ratu di koloni barunya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERKENALAN KAMI

FUMIGASI PERAWATAN : PRODUK KACANG-KACANGAN, ARSIP, RUANGAN, KASUR, DAN MOBIL